Petugas Kesehatan Melakukan Swab Antigen Secara Acak Kepada Warga Pengguna Jasa Penyebrangan Poto Tano

feryal/yeni 2021-05-20
 



Sumbawa Barat - Untuk mencegah penyebaran Covid-19 pada arus balik usai lebaran Idulfitri 1442 Hijriah, petugas kesehatan melakukan tes swab kepada warga pengguna jasa pelabuhan Poto Tano yang hendak menyebrang ke Pelabuhan Kayangan Lombok atau sebaliknya, Kamis (20/5).

Pengecekan kesehatan dengan cara Swab antigen ini dilakukan secara acak atau random kepada warga untuk mengantisipasi peningkatan dan penyebaran Covid-19.

Pengecekan kesehatan oleh petugas dari Puskesmas Poto Tano dengan cara tes swab tersebut langsung dipantau oleh Kapolres Sumbawa Barat AKBP Herman Suriyono SIK MH bersama Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol CZI Sunardi ST, MIP beserta sejumlah stakeholder terkait.

"Tidak menutup kemungkinan pengguna jasa pelabuhan yang melakukan arus balik ini akan menyebabkan penularan Covid-19," ungkap Kapolres Sumbawa Barat melalui Paur Humas Ipda Eddy Soebandi SSos di Taliwang, Rabu.

"Kami menyediakan 250 stik Swab antigen dan telah digunakan sebanyak 200 stik," ungkap Kapolres lagi.

Dari hasil pemeriksaan sebanyak 200 orang yang dilakukan secara acak, setelah 15 menit hasil tes diketahui dan semuanya dinyatakan non reaktif.

Kapolres mengimbau kepada warga, agar tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yaitu menggunakan masker jaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan handsanitiser.

Ia juga mengatakan, untuk mencegah penyebaran Covid-19 perlu kiranya terus melakukan kerjasama dan sinergitas semua stakeholder dan elemen masyarakat untuk bersama-sama menangkal penyebaran Covid-19 khusus di wilayah Sumbawa Barat terutama pasca hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah.