Kadis Kominfo Sumbawa Barat Ungkap Penyebab Sinyal Internet Lelet

Feryal/yeni 2021-09-21
  Sumbawa Barat – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Drs. Burhanuddin mengungkapkan terkait leletnya sinyal internet yang dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia, khususya di KSB dalam dua hari terakhir ini.

Ia mengatakan bahwa seluruh sinyal di Indonesia mengalami kelambatan transmisi dikarenakan ada satu kabel induk atau backbone yang terputus.

“Ini dikarenakan ada kabel induk yang putus yang berada di antara pulau Batam dan Kalimantan Barat,” ujar Burhanuddin usai apel pagi di Komplek Kemutar Telu Center Kecamatan Taliwang, Selasa (21/9).

Hal itu menyebabkan semua sinyal yang berada di antara tiga kabel itu dialihakn melalui kabel yang berada di selat Lombok dengan kondisi ukuran yang sama. Sehingga mengakibatkan leletnya sinyal.

Jika diibaratkan jalan, tambah Burhanuddin, kendaraannya sudah ramai menggunakan satu jalan sehingga mengakibatkan kemacetan. Jalan tol yang digunakan ini disebut fly over.

Ada tiga Zona internet di Indonesia, yaitu untuk wilayah Maluku sampai Papuan masuk dalam zona satu, Kalimantan dan Sulawesi sampai Nusa Tenggara masuk dalam wilayah dua dan wilayah tiga adalah Jawa dan Sumatra.

“Semoga dalam waktu tidak terlalu lama ini dapat diperbaiki secepatnya sehingga sinyal kembali sempurna dan bisa kita nikmati seperti sebelumnya,” katanya.

Burhanuddin menambahkan, dengan kondisi seperti ini menyadarkan bahwa saat ini masyarakat sudah berada pada situasi sangat tergantung pada keberadaan fasilitas komunikasi ini.

“Berarti dengan kondisi ini kita bersyukur bahwa Indonesia sudah mengarah kepada apa yang dicita-citakan yaitu mengarah kepada digitalisasi.

Ia mengungkapkan, bahwa di Kabupaten Sumbawa Barat saat ini sudah bebas blank spot, artinya tidak ada lagi daerah yang tidak memiliki sinyal. Namun jika ada beberapa lokasi yang masih naik turun sinyal seperti Dusun Batu Melik, dan Pakerum akan segera ditangani.