Ciptakan Lingkungan Bersih. Dandim 1628/SB Pimpin Anggota Bersihkan Sedimentasi

Feryal/tifa 2019-08-31
  Sumbawa Barat. Diskominfo - Untuk menciptakan lingkungan bersih sehat dan nyaman di tengah masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat, Dandim 1628/Sumbawa Barat, Letkol CZI Eddy Oswaronto bersama puluhan anggota Kodim 1628/SB membantu masyarakat Kelurahan Sampir Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat dalam membersihkan sedimentasi atau lumpur yang ada di gorong-gorong dan saluran warga, Jumat (30/8/2019).

Anggota Kodim 1628/SB bersama Dinas Lingkungan Hidup, Pemadam Kebakaran serta masyarakat bergotong royong membersihkan saluran di RT 15 dan RT 16 kelurahan sampir. Ratusan kilogram sedimentasi yang terdiri dari tanah, lumpur, sampah dan limbah rumah tangga diangkut menggunakan mobil pengangkut sampah dari Dinas Lingkungan Hidup.

Dandim 1628/SB, Letkol CZI Eddy Oswaronto mengatakan gotong royong tersebut selain membantu masyarakat menciptakan kebersihan lingkungan juga bersamaan dengan kegiatan minggu militer yaitu pembinaan fisik lari jogging dan jalan yang dilaksanakan seluruh anggota Kodim 1628/SB dengan rute melalui Kelurahan Sampir Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat.

“Kita harus membantu masyarakat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, agar penyakit yang timbul dari lingkungan yang kotor tidak datang sehingga terciptanya masyarakat yang sehat aman dan nyaman,” tutur Dandim.

Ini juga selaras dengan program pemerintah Daerah, sambung Dandim, dalam rangka mewujudkan Sumbawa Barat sebagai kabupaten yang menerapkan sanitasi total berbasis masyarakat.

Dandim juga menjelaskan, minggu militer yang dilakukan pada minggu ke empat di setiap bulannya ini adalah wujud dari profesionalisme seluruh anggota untuk membentuk diri menjadi prajurit yang kuat dan tangguh.

“Hal yang paling mendasar dalam kegiatan minggu militer ini adalah pembinaan fisik prajurit dalam rangka menciptakan atau meningkatkan kesamptaan yang prima bagi seluruh anggota khususnya anggota Kodim 1628/SB,” Kata Dandim.

Kesamaptaan ini sangat penting bagi prajurit TNI, selain untuk membina fisik agar stabil dan prima juga berguna bagi para prajurit yang ingin melanjutkan sekolah atau bagi prajurit yang akan naik pangkat. Karena persyaratan naik pangkat atau lulus sekolah adalah harus memenuhi atau lulus uji kesamaptaan.

“Kita mau sekolah atau mau naik pangkat harus dites dan lulus kesamaptaan. Selain itu fisik yang prima harus dimiliki agar setiap saat kami prajurit siap memberikan bantuan dan pelayanan kepada masyarakat,” kata Dandim.

Dalam kegiatan minggu militer biasanya juga diisi dengan melatih baris berbaris, Peraturan militer dasar, penghormatan militer, urusan dinas dalam. Ini juga bagian dari merefres atau mengingatkan kembali anggota dalam kemampuan-kemampuan dasar militer dan peraturan disiplin tentara.

“Kebersamaan angota juga sangat penting. Dari kebersamaan ini anggota dapat saling berbagi dan saling membantu sehingga tercipta komunikasi yang baik. Kalau sudah bersama-sama pasti masalah apapun dapat kita hadapi bersama,” kata Dandim.

Sementara itu di waktu yang bersamaan, Lurah Sampir, Syarifuddin mengucapakan terimakasih kepada pemerintah daerah melalui Pemadam Kebakaran dan Lingkungan Hidup terlebih-lebih kepada Dandim 1628/SB bersama anggota yang telah membantu masyarakat Kelurahan Sampir dalam membersihkan gorong-gorong dan sedimentasi.

“Jumat bersih tetap kami laksanakan tetapi kami kekurangan anggota dalam mengangkat sedimentasi dan membersiihkan saluran dan gorong-gorong. Dan Alhamdulillah kami dibantu anggota TNI dan pemda,” kata Lurah.

Menurut Lurah, gorong-gorong yang berada di depan rumah warga ini hampir 4 sampi 5 tahun tidak dibersihkan dan mengundang bau dan penyakit karena menjadi sarang nyamuk.

Alhamdulillah berkat bantuan ini gorong-gorong dapat dibersihkan, kami berterimakasih kepada semua pihak yang telah membantu,” ucap Lurah.