Meriahkan Hari Lahir Ke-16 KSB, Tamekan Gelar Pesona Tamekan

feryal/tifa 2019-08-23
 

Sumbawa Barat. Diskominfo - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Desa Tamekan Kecamatan Taliwang KSB akan melaksanakan sejumlah lomba dan permainan rakyat yang diagendakan dalam Pesona Tamekan 2019.

Berbagai macam lomba dan permainan rakyat akan ditampilkan dalam gelaran Pesona Tamekan tersebut yang akan dimulai tanggal 8 September 2019 s/d 9 November 2019, seperti maen BAI atau berburu babi, Barapan Kebo, Sampo Ayam atau Barapan Ayam, Festival Rateb,  Bagontong dan pentas seni. Ada juga beberapa lomba seperti sepak bola legend, bola voli Camat cup.

Kepala desa Tamekan, Yulhaidir mengatakan, desa Tamekan ingin memberikan kado pada HUT KSB ke VIX ini berupa perlombaan dan festival seni yang dilaksanakan dalam pesona Tamekan sehingga HUT KSB akan lebih terasa dan meriah. Selain itu kegiatan ini untuk mempromosikan pariwisata desa Tamekan.

“Kami tidak dapat memberikan apa-apa kepada kabupaten tercinta ini, hanya kado ini yang dapat mewakili rasa bahagia kami dalam HUT KSB tahun ini,” kata Yulhaidir.

Yulhaidir menjelaskan, Event pesona Tamekan ini awalnya dilaksanakan dari tahun 2017, dan disempurnakan satu tahun kemudian. Tahun ini rangkaian kegiatan dan pesertanya lebih banyak dari tahun sebelumnya.

“Tahun ini kami masukkan kegiatan olahraga disamping atraksi budaya yang rutin kami laksanakan setiap tahunnya,” jelas Yulhaidir.

Pada Pesona Tamekan kali ini, Yulhaidir berharap agar desa Tamekan semakin dikenal oleh masyarakat luar, dan apa yang dilakukan ini memberikan pengaruh baik bagi masyarakat desa dan KSB pada umumnya. “Kegiatan ini juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat desa Tamekan untuk meningkatkan pendapatan. Mereka bisa berjualan di sekitar lokasi berlangsungnya acara,” kata Yulhaidir.

Pihak desa sudah mempersiapkan kegiatan ini jauh hari sebelumnya sehingga pelaksanaannya lebih maksimal dan sukses. Masyarakat juga dihimbau untuk tetap menjaga kebersihan selama acara berlangsung.