Kelurahan Sampir Deklarasi Pilar 4 dan 5 STBM, Gotong Royong Kunci Sukses

feriyal/yeni 2021-06-03
 



Sumbawa Barat - Kelurahan Sampir Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat membuktikan diri dapat menuntaskan pilar ke 4 dan ke 5 program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yaitu pengolahan limbah cair rumah tangga dan pengelolaan sampah rumah tangga sebelum 100 hari jabatan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat H W Musyafirin dan Fud Syaifuddin.

Pencapaian tersebut dibuktikan melalui deklarasi tuntas STBM pilar ke 4 dan 5 yang dilaksanakan di lapangan Sampir, Senin (31/5).

"Alhamdulillah kita sudah capai 97 persen tuntas pilar ke 4 dan 5, sisa 3 persennya dalam proses pengerjaan dan akan segera diselesaikan," kata Lurah Sampir Syarifuddin S.AP saat ditemui di acara deklarasi, Senin.

Ia menjelaskan bahwa seluruh rumah Aparatur Sipil Negara yang ada di Kelurahan Sampir sudah tuntas semua, tinggal sekitar 15 rumah lagi yang masih dalam proses pengerjaan dan akan segera diselesaikan.

"Satu rumah warga miskin yang kami bantu memakan biaya Rp 500 untuk membuat peresapan, pengerjaannya kita didampingi oleh Kepala Lingkungan, ketua RT, anggota Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR) dan TNI Polri," ungkapnya.

Total dana yang telah dipakai dalam menuntaskan pilar ke 4 dan 5 di Kelurahan Sampir sekitar Rp30 juta, dana itu bersumber dari sumbangan ASN dan anggota DPRD yang ada di Kelurahan Sampir. Satu ASN paling sedikit menyumbang Rp100 ribu bahkan ada yang sampai Rp500 ribu.

"Alhamdulillah berkat kerja keras dan budaya gotong royong kita di sini antara warga, staf kelurahan, kepala lingkungan, ketua RT, anggota PDPGR, TNI dan Polri, semua niat dan rencana kita berjalan baik dan lancar," ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa sejak awal perencanaan, pendataan yang dilakukan oleh ASN kemudian pengerjaan hingga pencapaian Deklarasi ini, warga dan ASN telah bekerja selama kurang lebih 30 hari.

Ia berharap kepada masyarakat Sampir agar menghargai jerih payah para ASN yang mewakili pemerintah yang telah menuntaskan pilar ke 4 dan 5 ini. Sehingga ke depan warga selalu menjaga kebersihan lingkungan tidak membuang limbah cair rumah tangga dan sampah di sembarang tempat.

"Alhamdulillah sekarang saluran pembuangan yang ada di depan rumah yang sebelumnya dipenuhi air limbah dan berbau, kini sudah tidak ada lagi, begitu juga sampah-sampah rumah tangga dikelola secara baik agar tidak berserakan dan mengganggu.

"Saya juga berharap, agar Dinas Lingkungan Hidup juga membantu kami dalam pengelolaan sampah, bila perlu mobil sampah yang lebih besar dapat mengangkut sampah di Kelurahan Sampir agar sampah-sampah tersebut dapat dipilah dengan baik.