Kampung Kuliner Kini Menjadi Icon Arab Kenangan

feryal/tifa/rangga 2019-10-02
 



Sumbawa Barat. Diskominfo - Mencegah dan menuntaskan kawasan kumuh perkotaan terus dilakukan. Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU PR) telah menyusun Rencana Pencegahan dan Peningkatan Kawasan Permukiman Kumuh Perkotaan (RP2KPKP).

Salah satu inovasi penuntasan kumuh yang dilakukan adalah upaya memperbaiki kualitas permukiman masyarakat, seperti yang dilakukan di kelurahan Arab Kenangan kecamatan Taliwang KSB, dengan melakukan pembangunan infrastruktur  dan membentuk kampung kuliner sehingga menjadi icon perubahan prilaku masyarakat menuju kampung bersih dan indah sehingga meningkatkan kualitas kawasan permukiman.

“Kegiatan ini adalah untuk membangun kesadaran masyarakat Kota Taliwang khususnya warga Arab Kenangan. Semangat gotong royong dan keterlibatan aktif seluruh masyarakat kita akan menuju kota tanpa kumuh,” tutur Kepala Dinas PUPR KSB melalui Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman, Abdul Azis, saat ditemui di acara kampung kuliner, Selasa (1/9/2019).

 Kelurahan Arab Kenangan (Arken), tambah Abdul Azis, masuk dalam batas kawasan kumuh kota taliwang tetapi potensi dan aktifitas ekonomi warga didominasi oleh kegiatan berdagang makanan. Oleh karenanya dicanangkan Kampung Kuliner untuk menarik partisipasi aktif masyarakat dan merubah kebiasaan mereka.

“Ini sebagai langkah awal menuju penuntasan lokasi kumuh di perkotaan. Harapannya Arken ini menjadi pilot projek atau contoh bagaimana menyelesaikan kawasan kumuh dengan melibatkan secara aktif masyarakat dengan mengembangkan potensi-potensi ekonomi di masyarakat.” Kata Abdul Azis.

Sementara itu Lurah Arab Kenangan, Erny Patriani mengungkapkan dua bulan sejak menjabat menjadi Lurah, ia terus melakukan sosialisasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan untuk kesehatan.

“Kami gencar melakukan sosialisasi melalui pengeras suara di masjid, kelompok-kelompok pemuda, tokoh agama dalam pertemuan-pertemuan untuk memberikan contoh yang baik kepada masyarakat agar Arab Kenangan ini bebas dari kekumuhan di kota taliwang.” Ungkap Erny.

Erny melihat banyak potensi masyarakat yang sehari-hari melakukan aktivitas berdagang makanan, kenapa tidak dari potensi itu Erny mengangkat kampung kuliner yang akan menampung para pedagang. Rencananya kampung kuliner akan dibuka setiap malam minggu.

“Respon dan dukungan masyarakat sangat baik. masyarakatnya keren, hebat dan semangatnya luar biasa, kami dibantu oleh tokoh pemuda, tokoh masyarakat, Peliuk , PKK , Anggota PDPGR, TNI, Polri dalam  gotong royong menyiapkan ini semua.” katanya.

Terkait pencanangan Kampung Kuliner, dukungan datang dari Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin. Ia bersama Lurah dan stakeholder lainnya bersepakat untuk mencanangkan kampung kuliner di jalan Cendrawasih kelurahan Arab Kenangan.

“Yang penting menjaga kebersihan, kita akan support pelan-pelan, lampu jalannya kita perbaiki agar kelurahan ini tidak kumuh lagi. Harapan kami areal ini menjadi penyemangat masyarakat khususnya anak muda dalam membangun Arab Kenangan menjadi lebih asri dan bersih,” kata Fud Syaifuddin.

Sementara itu di waktu yang sama, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) KSB, Kaharuddin Umar juga sangat mendukung penuh kegiatan masyarakat khususnya Arab Kenangan. Menurutnya, kerjasama antara pimpinan DPRD dan Pemda Sumbawa Barat pasti dapat membangun ekonomi masyarakat dan menuntaskan kota kumuh.

“Apa yang menjadi harapan masyarakat tentu akan kami pikirkan bersama. Kami mendukung penuh kegiatan seperti ini sehingga kami setuju untuk penganggaran bantuan masyarakat ekonomi lemah,”

Pencanangan kampung kuliner menuai tanggapan tokoh pemuda Arab Kenangan, Gazali Bakran, Ia mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Lurah yang sukses mengerahkan semua warga untuk bersama-sama bergerak membangun Arab Kenangan lebih maju.

“Kami pemuda-pemuda bergerak bersama membangun Arab Kenangan menjadi kampung kuliner. Bukan saja pada kulinernya tetapi potensi lain juga banyak seperti music gambus dan kreativitas membuat bunga, Katanya.

Di waktu yang sama, Ketua Pokja I PKK kelurahan Arab Kenangan, Lulu Alwi berharap kepada pemerintah agar memberikan bantuan peresapan limbah cair keluarga kepada masayarakat dan memperbaiki beberapa drainase yang rusak agar kota kumuh itu dapat tercapai.

Rata-rata di sini pedagang tetapi tidak tertata rapi, Kami membuat kampung kuliner supaya lebih fokus dan mereka tidak ada yang menganggur.  Sehingga akan mengangkat ekonomi masyarakat.“ kata Lulu.