Cegah Kerumunan Dalam Perayaan Idulfitri, Polres Sumbawa Barat Akan Bangun Cek Poin di Sejumlah Lokasi

feryal/yeni 2021-05-06
 




Sumbawa Barat - Kapolres Sumbawa Barat berencana akan membuat cek poin di sejumlah lokasi publik yang berpotensi mendatangkan keramaian yang menyebabkan kerumunan saat perayaan Idulfitri 1442 Hijriah mendatang.

Rencana itu diutarakan Kapolres Sumbawa Barat AKBP Herman Suriyono SIK MH dalam acara ngabuburit bersama insan pers di Mapolres setempat, Rabu (5/5) yang dihadiri oleh Bupati Sumbawa Barat, Dandim 1628/KSB, Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten, Kepala Badan Pertanahan Nasional KSB dan sejumlah awak media.

"Kita berencana akan membuat cek poin di lokasi publik yang berpotensi mendatangkan keramaian, tetapi tergantung situasional kegiatan masyarakat nantinya," ungkap Kapolres.

Harapannya, dengan adanya cek poin di sejumlah lokasi tersebut seperti di pantai, pasar, taman dan lokasi lainnya, agar masyarakat tidak berkumpul sehingga berpotensi kepada penyebaran Covid-19 di Sumbawa Barat.

"Ini demi kepentingan dan keselamatan masyarakat luas, tentunya keselamatan masyarakat menjadi hukum tertinggi," katanya.

Ia juga menekankan, masyarakat harus waspada dan hati-hati dengan varian virus Covid-19 yang baru, dimana varian baru dari virus Covid-19 ini sangat berbahaya seperti yang terjadi di India yang menyebabkan ribuan orang terinfeksi dalam setiap harinya.

Kapolres juga meminta peran media dalam penyebaran informasi positif bagi masyarakat  harus benar-benar maksimal, karena media sangat berpengaruh. Apalagi saat ini digitalisasi semakin maju, media sosial sangat mudah di akses.

"Kami berharap peran media harus maksimal dalam penyebaran informasi positif dari kegiatan atau program pemerintah agar masyarakat tau," ujarnya.

Selain pembangunan cek poin di lokasi strategis. TNI Polri dalam rangka Ops Ketupat Rinjani 2021 ini akan membangun tiga posko 24 jam yakni di Pelabuhan Poto Tano untuk memastikan masyarakat tidak ada yang mudik, kemudian di pasar tanamira untuk memastikan warga tidak berkumpul atau membuat kerumunan menjelang idulfitri. Dan satu posko lagi yaitu di Kecamatan Maluk