Animo Masyarakat Tinggi, CFD Gerakkan Ekonomi Rakyat

feryal/tifa 2019-09-16
 

Sumbawa Barat. Diskominfo - Pelaksanaan Car Free Day (CFD) dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke 48 Perhubungan Republik Indonesia 2019 yang dilaksanakan di jalan Sudirman Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Nusa Tenggara Barat, Minggu (15/9/2019) adalah untuk memasyarakatkan bulan keselamatan berlalu lintas dan langkah awal membangun komitmen masyarakat dalam menciptakan masyarakat yang peduli keselamatan dalam berlalu lintas.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan KSB, Irhas R. Rayes saat ditemui dilokasi kegiatan CFD. Kegiatan ini terselenggara atas gotong royong dari berbagai pihak yang merupakan mitra kerja dan mitra usaha dinas perhubungan.

“Kita tidak menggunakan dana APBD dalam kegiatan ini. Ini adalah inovasi Dishub KSB. Terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam acara ini,” katanya.

Sementara di tempat yang sama, Kepala Bidang Lalulintas Darat Dinas Perhubungan KSB, Abdurahman, melalui CFD ini menghimbau anak-anak KSB yang belum bisa memiliki SIM untuk menggunakan sepeda saat ke sekolah. Hal tersebut juga untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas pada anak-anak yang akhir-akhir ini angkanya terus meningkat dikalangan milenial.

“Anak-anak ini sangat rawan dan belum begitu paham tentang rambu lalu lintas, bahkan cenderung tidak mempedulikan keselamatan orang lain. CFD ini juga membuka ruang bagi masyarakat untuk menghirup udara bersih.” Ujarnya.

Kegiatan CFD juga sengaja dilakukan di jalan Sudirman yaitu dijalan protokol di tengah kota Taliwang, agar masyarakat merasakan langsung kegiatan tersebut tanpa bising dan asap walaupun beberapa jam saja.

“Walaupun di Taliwang kendaaraannya belum begitu padat, tetapi kegiatan ini sangat penting untuk mensosialisasikan bulan keselamatan masyarakat dan memberikan ruang bagi masyarakat untuk menikmati udara segar,” kata Abdurrahman.

Kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan tersebut menuai respon dari berbagai pihak, salah satunya adalah pengunjung CFD, Endang Yunari. Ia menilai CFD yang pertama kali diadakan di KSB ini mengundang animo masyarakat, ditambah lagi kegiatan jalan santai, senam sehat dan sepede santai semakin menambah kemeriahan CFD.

“Semoga ini terus berlanjut, UKM juga tumbuh dan berkembang di sini, harganya murah kita bisa memilih sayur-sayuran dan makanan tradisional yang enak-enak. KSB yes,” kata Endang.

Warga kampung Selayar kecamatan Taliwang, Nurisya yang sengaja datang bersama keluarga untuk menikmati akhir pekan dan berbelanja bahan-bahan murah di CFD juga sangat mendukung adanya kegiatan yang pertama kali dilaksanakan di KSB ini.

 “Sudah saatnya Taliwang punya wadah seperti ini, harapannya ke depannya bukan saja ada moment tertentu tetapi bila perlu setiap minggu seperti daerah-daerah lainnya setiap minggu kita laksanakan, semoga dapat ditingkatkan lagi,” katanya.


Salah seorang pedagang makanan juga mengatakan bahwa CFD ini sangat keren, Ia berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan setiap minggu. “CFD nya keren, dapat sehatnya dapat juga untung dari jualannya. Ini sangat bagus karena meningkatkan geliat ekonomi masyarakat di sini,” katanya.

Sejalan dengan pedagang makanan, Tya yang menjual es Thai Tea juga merasa senang dengan adanya CFD ini, selain hasil jualannya bertambah masyarakat juga mempunyai tempat liburan di akhir pekan tanpa berjauh-jauhan.

Sementara seorang pedagang dari Forum Komunikasi UMKM KSB mengatakan bahwa mereka membuat produk dari kelompok masyarakat untuk dijual di event ini. Produk-produk yang dijual seperti bumbu pecal, bumbu rujak, terasi bakar, rempeye, kerupuk kulit, bubur, makanan khas Taliwang dan berbagai macam jajanan tradisional.

“Car free day bagus untuk mengurangi polusi, harapannya semoga ini dapat berkembang dan semoga ini terus dilaksanakan,” katanya.