Sosialisasi Forum Pembaruan Kebangsaan Perkuat Etnis di Sumbawa Barat

ika/tifa 2019-09-13
 

Sumabawa Barat, Diskominfo - Dinas Kasbangpoldagri bertekad memperkuat etnis, suku, ras, dan agama yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui teknik sosialisasi Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) di balai pertemuan Kedai Sawah lingkup Kamutar Telu Center (KTC). Rabu (11/9).
Kegiatan FPK yang di ikuti oleh 100 orang peserta ini berasal dari kalangan aparatur Pemerintahan daerah (pemda), tokoh agama, tokoh,  masyarakat, tokoh adat,  dan tokoh pemuda yang ada di KSB.  

Kepala bidang pengembangan kebangsaan Dinas Kasbangpoldagri, Amiruddin selaku ketua panita pelaksana menyatakan FPK merupakan pemersatu antar ras, suku, etnis bangsa yang sesuai dengan Permendagri Nomor 34 Tahun 2006.

Sekretaris Daerah KSB, Abdul Aziz mewakili Bupati Sumbawa Barat pada agenda tersebut turut menjabarkan bahwasannya pembauran kebangsaan tidak lepas dari 4 pilar utama yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka tunggal ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Jika ditinjau pada situasi saat ini, sering terjadinya disharmoni sosial yang cenderung mengarah pada perbedaan ras, suku, etnis, agama, bahasa, dan budaya sehingga menjadi faktor utama timbulnya keretakan dan gesekan dalam masyarakat.

"Kegiatan seperti ini akan berjalan efektif dan mendapatkan hasil yang maksimal jika pemerintah daerah khususnya Kasbangpoldagri bekerja sama dengan elemen masyarakat dalam program pembauran itu sendiri ". Kata Aziz

Ia juga mengutip salah satu ayat dalam Al-qur'an yang isinya "Kamu di ciptakan bersuku-suku, berbangsa-bangsa agar kamu saling mengenal satu sama lain" dengan maksud meski di KSB ada perbedaan etnis, ras, dan suku lantas tidak harus membuat kita terpecah belah melainkan ini merupakan wadah untuk kita perkuat tali silaturahmi. Pahami setiap materi sehingga nantinya diharapkan menjadi mitra pemerintah dan ikut berpartisipasi menciptakan KSB yang lebih baik.  

Sosialisasi ini menghadirkan tiga narasumber diantaranya dari Kodim 1628 Leptu Infantri Zainul Fakri, dan dua pemateri lainnya dari Forum perbauran kebangsaan KSB yang diwakili oleh Sadiq Magrabi dan ketua Kerukunan Umat Beragama KSB Burhanuddin