Arus Balik Lebaran 2021, Antrian Panjang di Pelabuhan Poto Tano Masih Terjadi

feryal/yeni 2021-05-19
 



Sumbawa Barat - Pasca berakhirnya liburan hari raya Idulfitri 1442 Hijriah dan berakhirnya pemberlakuan pembatasan pergerakan orang sesuai dengan surat edaran Gubernur NTB dan Dinas Perhubungan beberapa waktu lalu, terlihat antrian yang cukup panjang di pelabuhan penyebrangan Poto Tano hingga Selasa (18/5) malam.

Antrian motor dan mobil tersebut kurang lebih sepanjang 300 meter dari gerbang masuk pelabuhan Poto Tano.

"Pasca liburan atau arus balik Idulfitri 1442 Hijriah terjadi antrian panjang dari siang hingga malam hari," ungkap Kapolres Sumbawa Barat AKBP Herman Suriyono SIK MH melalui Paur Humas Ipda Eddy Soebandi SSos di Taliwang, Rabu.

Eddy mengatakan, antrian kendaraan tersebut disertai penumpukan kendaraan di zona area parkir dan zona siap menyebrang di pelabuhan tersebut, sehingga tidak dapat dihindari antrian sampai ke luar pelabuhan.

"Jenis kendaraan yang dominan memadati area di dalam hingga ke luar pelabuhan adalah sepeda motor, mobil pribadi, ditambah lagi angkutan umum seperti travel dan bus penumpang serta Truck pengangkut logistik," jelas Eddy.

Tidak menutup kemungkinan penumpukan serta penambahan jumlah kendaraan akan terus terjadi hingga beberapa hari ke depan.

Aparat kepolisian dari Polres Sumbawa Barat terus mengawal dan menjaga ketat area pelabuhan untuk menghindari terjadinya gangguan Kamtibmas dikarenakan warga ingin saling mendahului.

Walaupun penumpukan jumlah kendaraan terus terjadi, namun pihak pelabuhan dan ASDP tetap membatasi jumlah kendaraan yang masuk dalam satu kapal penyebrangan untuk menghindari kerumunan.

Untuk mengamankan area pelabuhan Poto Tano, Personil Polsek Kawasan Pelabuhan pun menambah jumlah personil.

Antrian panjang masih terlihat hingga Rabu pagi, dan masih terus bertambah karena kendaraan warga yang melakukan arus mudik terus bertambah.