Deklarasi Tuntas STBM, ASN dan Warga Kelurahan Menala Kompak Sukseskan Pencapaian Pilar 4 dan 5

feryal/yeni 2021-06-03
 




Sumbawa Barat - Deklarasi tuntas Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) terus dilakukan oleh sejumlah kelurahan dan desa untuk mendukung capaian 100 hari kerja Bupati dan Waki Bupati KSB.

Tak ketinggalan, deklarasi tuntas STBM pilar 4 yaitu pengelolaan sampah dan pilar 5 pengelolaan limbah cair rumah tangga tersebut juga dilakukan oleh Kelurahan Menala Kecamatan Taliwang, Rabu (2/6).

Dengan jumlah penduduk dan Kepala Keluarga yang cukup banyak, Menala berhasil membuktikan bahwa mereka mampu menuntaskan dua pilar STBM tersebut.

Lurah Menala, Darmayadi A.Md saat ditemui di acara deklarasi tuntas STBM, Rabu, mengatakan, kunci sukses mencapai tuntas STBM sebelum 100 hari jabatan Bupati dan Wakil Bupati KSB ini, berkat kerja keras warga, Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR), kepala lingkungan, ketua RT, TNI dan Polri yang selama ini bahu-membahu menyelesaikan dua pilar STBM tersebut.

"Alhamdulillah kontribusi ASN, PDPGR, Kaling, ketua RT dan semua pihak membantu warga dalam menuntaskan STBM ini," ujar Darmayadi.

Sejauh ini, tambahnya, Kelurahan Menala telah menuntaskan STBM pilar ke 4 dengan capaian 98,5 persen, sementara pilar ke 5 juga dapat dicapai sebanyak 98 Persen.

"Sisanya masih dalam proses dan akan terus dilaksanakan sampai tuntas mencapai 100 persen," kata Darmayadi.

Dalam penuntasan STBM ini semua ASN di Keluaran Menala berkontribusi maksimal, baik tenaga dan sumbangan dana untuk membantu warga dalam membuat peresapan limbah cair rumah tangga dan pengadaan bak sampah.

"Kontribusi ASN sangat besar, mereka telah memberikan tenaga dan bantuan dana, namun bantuan dana tersebut bervariasi sesuai kemampuan ASN masing-masing," kata Darmayadi.

Tidak peduli siang ataupun malam, ASN bersama warga sangat bersemangat untuk saling membantu membuat peresapan untuk limbah cair rumah tangga tersebut.

Dengan pencapaian STBM pilar 4 dan 5 ini, lingkungan Kelurahan Menala menjadi bersih dan rapi. Limbah Cair rumah tangga yang biasa mengalir di selokan di sekitar rumah warga juga sudah tidak terlihat.

"Alhamdulillah setelah penerapan pilar 4 dan 5 ini lingkungan jadi bersih, limbah cair yang sebelumnya tergenang dan mengeluarkan bau tidak sedap, kini sudah tidak ada lagi," tuturnya.

Ia berharap kepada warga, agar ke depannya masyarakat dapat terus menjaga kebersihan lingkungan dan saling tolong menolong antara sesama sehingga kehidupan berjalan baik aman dan tentram.

"Mari kita sama-sama menjaga dan mempertahankan apa yang telah kita capai ini, kita hargai apa yang dilakukan oleh pemerintah melalui ASN," katanya.

Darmayadi bersama jajaran staf kelurahan akan terus mengedukasi masyarakat tentang STBM, agar masyarakat tidak lupa dan terbiasa menjalankan hidup sehat STBM